Diberdayakan oleh Blogger.

Gejala dan Penyebab Kanker Serviks

Gejala dan Penyebab Kanker Serviks | Kanker serviks merupakan salah satu dari sekian banyak jenis kanker ang sangat berbahaya dan khususnya menyerang organ reproduksi pada wanita. Penyebab utama terjadinya kanker ini yakni adanya infeksi virus Human papillomavirus (HPV). Gejala yang akan dialami oleh orang yang terkena kanker mulut rahim ini yakni adanya rasa nyeri dan pendarahan saat melakukan hubungan intim.

 Gejala dan Penyebab Kanker Serviks

Ketika terinveksi HPV, sistem imun pada tubuh secara otomatis akan menghambat pertumbuhan virus tersebut di dalam tubuh. Namun pada kasus kanker serviks, virus HPV mengalami pertumbuhan karena bertahan hidup di dalam tubuh dalam waktu bertahun-tahun dan melakukan perubahan beberapa sel pada permukaan leher rahim dan akhirnya akan menyebabkan pertumbuhan sel kanker. Kanker serviks biasanya menyerang wanita dewasa yang berusia diatas 30 tahun.

Gejala Kanker Serviks

Pada mulanya selama masa pertumbuhan kanker serviks, mungkin sama sekali tidak ada tanda yang sangat jelas apabila anda mengalami gejala kanker serviks. Itulah mengapa pemeriksaan atau diagnosa awal sangat penting dilakukan.

Tanda dan gejala kanker serviks pada tahap lanjut antara lain:
  • Terjadi pendarahan pada bagian vagina ketika melakukan hubungan intim, saat tidak dalam periode datang bulan atau setelah menopause.
  • Vagina Basah atau keluar darah yang kental dan berbau.
  • Mengalami sakit pada bagian pinggul atau terasa nyeri pada saat melakukan hubungan intim.

Penyebab Kanker Serviks

Secara umum penyebab kanker ialah terjadinya mutasi sel normal menjadi sel yang tidak normal. Sel yang normal akan mengalami pertumbuhan secara teratur. Namun sel kanker mengalami pertumbuhan secara tidak terkontrol dan sel tersebut tidak mati. Akumulasi dari sel tidak normal tadi akan mengalami pertumbuhan sehingga menjadi tumor. Sel kanker menyerang jaringan tubuh terdekat dan melakukan penyebaran ke hampir seluruh bagian tubuh..

Terdapat dua tipe umum kanker serviks
  1. Squamous cell carcinomas terdapat pada bagian bawah serviks. Tipe kanker serviks ini merupakan penyebab sekitar 80 sampai 90 persen sehingga orang terkena kanker serviks.
  2. Adenocarcinomas terjadi pada bagian atas serviks. Tipe ini menjadi penyebab 10 sampai 20 persen kanker serviks.
Penyebab kanker serviks ini adalah terjadinya perkembangan tidak norma sel squamos atau sel glandular sehingga berkembang menjadi kanker. Selain itu yang memiliki peran penting terjadinya kanker ini adalah adanya infeksi virus HPV. Namun, banyak dari wanita yang terserang virus HPV tidak sampai terjangkit kanker serviks. Ini berarti ada faktor lain yang kemungkinan menyebabkan terjadinya kanker serviks seperti genetik, lingkungan atau gaya hidup yang kurang sehat.

Beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko kanker serviks antara lain:
  • Melakukan hubungan seksual dengan banyak pasangan atau bergonta-ganti pasangan.
  • Melakukan hubungan seksual saat usia dini
  • Penyakit seksual menular lain
  • Sistem imun tubuh yang lemah
  • Merokok
0 Komentar untuk "Gejala dan Penyebab Kanker Serviks"

Back To Top